ric.cid blog


Profesi Wartawan

Posted in Uncategorized oleh ricky pada April 12, 2008

Wartawan atau jurnalis adalah profesi seorang yang menciptakan laporan untuk disebarluaskan atau dipublikasi dalam media massa (koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet). Jurnalis meliputi kolumnis, penulis lepas, fotografer, dan desain grafis, dan editor. Akan tetapi dalam kenyataannya di Indonesia profesi jurnalis hanya disangkutkan dengan nama wartawan.
Profesi wartawan dan kewartawanan sering disalahkaprahkan, karena adanya muatan yang diakseskan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok. Adanya masalah-masalah finansial yang melingkupi wartawan menjadi penyebab penyalahkaprahan ini. Dalam fitrahnya profesi kewartawanan mempunyai tanggung jawab terhadap moralitas pekerjaannya, yang kemudian menjadikannya sebagai bagian integral pembentukan kredibilitas- profesinya.
Stereotipe wartawan oleh masyarakat menjadi buruk karena ada sebagian oknum yang mengatasnamakan wartawan kemudian tidak dapat menjaga keprofesionalitasanya dalam melakukan tugas. Wartawan menerina ampau/amplop demi kepentingan seseorang dan demi kepentingan finansial pribadi wartawan itu sendiri. Fenomena ini sudah mengubah citra wartawan sebagai pekerja yang objektif dalam melaporkan setiap berita.
Faktor lingkungan kemasyarakatan sendiripun dapat mengubah moralitas seorang wartawan. Semakin banyak masyarakat yang ingin memanfaatkan peran wartawan untuk kepentingan pribadi, maka banyak moral wartawan yang semakin berubah. Fenomena ini memungkinkan juga untuk menjadikan perubahan sosial yang terjadi dalam struktur kewartawanan itu sendiri. Wartawan tidak dapat lagi merepresentasikan profesinya yang mulia, tetapi hanya menuntut kepada kebutuhan finansial wartawan tiu sendiri.
Pengembalian moralitas wartawan menjadi profesi yang mulia sebagai penyampai berita objektive juga harus dimulai dari dalam diri wartawan itu sendiri dan dari pihak-pihak lain yang memanfaatkan peran wartawan agar tidak memaksakan kepentingan pribadi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: