ric.cid blog


Pendidikan Interaktif melalui E-Learning

Posted in Uncategorized oleh ricky pada April 12, 2008

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktifmengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat”(  http://id.wikipedia.org/wiki/pendidikan) .
Pendidikan erat kaitannya dengan informasi dan komunikasi. Informasi dibutuhkan oleh siswa untuk memperluas pengetahuannya serta mengacu pada materi yang ada. Komunikasi dibutuhkan oleh siswa untuk saling memberikan masukan dan mengungkapkan gagasannya. Dalam dunia pendidikan penggunaan informasi dan komunikasi merupakan bagian dari teknologi pendidikan. Sejalan dengan meningkatnya tantangan global maka peran informasi dan komunikasi yang efektif dan efisien menjadi sangat dibutuhkan di dunia pendidikan. Inovasi dalam bidang pendidikan telah menghadirkan teknologi internet yang menjadikan pengetahuan mudah untuk diperoleh.
Berkembangnya teknologi serta kebutuhan informasi menjadikan pendidikan mulai memanfaatkan internet untuk memenuhi tuntutan global akan kebutuhan informasi. Internet dengan segala kemudahan dan kemampuannya sebagai media informasi dan komunikasi telah mencapai harapan sebagai sebuah sistem yang mampu memenuhi kebutuhan informasi dan komunikasi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.
Upaya peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan dengan mengaplikasikan dan mengembangkan internet semaksimal mungkin. Pendidikan di Indonesia masih menggunakan internet sebagai pelengkap. Internet tidak berfungsi sebagai sarana penunjang yang berpotensi tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Sehingga masih menggunakan metode pendidikan konvensional yaitu mengandalkan tatap muka antara guru dan siswa dalam ruang kelas. Guru sebagai pusat informasi dan pusat segala jawaban sedangkan siswa sebagai penerima informasi pasif yang terikat dengan jam pelajaran.
Dengan keberadaan internet di dunia pendidikan maka metode e-Learning menjadi metode pendidikan yang lebih baik dari metode konvensional. E-Learning adalah kegiatan belajar melalui perangkat elektronik komputer yang tersambung ke internet dimana siswa berupaya memperoleh bahan belajar sesuai dengan kebutuhannya”( http://e-LearningGuru.com/) . E-Learning juga menyediakan seperangkat alat yang dapat menjawab tantangan perkembangan globalisasi. E-Learning dapat menciptakan proses pembelajaran yang terpadu. Konsep e-Learning mewakili bentuk pendidikan modern yang mengacu pada perkembangan global. E-Learning juga menawarkan akses yang dinamis terhadap hal-hal baru” (Dawn Hiller, Alice Mitchell and Richard Millwood, Innovations in Education and Teaching International Vol. 42, No 3, August 2005,279).
Metode e-Learning dapat memperkuat model belajar konvensional. Jika biasanya guru mempersiapkan bahan pengajaran dengan mencari referensi kemudian melakukan pengajaran satu arah, maka melalui e-Learning siswa dilibatkan aktif mencari informasi untuk memperkaya pengetahuannya. Metode e-Learning menjadikan pembelajaran lebih interaktif.
Metode e-Learning antara lain Cybernetic Learning, Live Streaming Study, dan yang paling dikenal di Indonesia adalah Cyber School. Di Indonesia sudah banyak menerapkan Cyber School dan terbukti lebih interakif dari model konvensional.
Pada akhirnya, pemanfaatan dan penggunaan internet menjadi suatu penunjang yang sangat penting dalam peningkatan kualitas pendidikan. Pengaplikasian diatas dapat meningkatkan kualitas pendidikan era globalisasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: